Popular Posts

Wednesday 29 March 2017

Cara pengecekan saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan dan cara serta syarat pencairan dana Jamsostek/BPJS terbaru 2017

Jamsostek atau yang sekarang berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Kini pengecekan saldo nya sudah bisa di lakukan langsung oleh peserta Jamsostek/ BPJS ketenagakerjaan, ada 2 cara yang di berikan oleh pihak jamsostek/PBJS ketenagakerjaan, berikut rincianya :
1. Pengecekan saldo melalui SMS
    Langkah pertama yang harus di lakukan adalah registrasi terlebih dahulu dengan cara mengetik DAFTAR(Spasi)SALDO#NO KTP#TANGGAL LAHIR(DDMMYYY)#No peserta#, kemudian kirim ke 2757 Tunggu sms balasan yang berisi tentang kesanggupan membayar biaya sms selanjutnya dengan mengetik balasan OK kemudian akan diterima sms balasan  terkait konfirmasi pendaftaran, setelah pendaftaran di terima ketik SALDO(Spasi)No peserta kemudian anda bisa mengecek langsung saldo terakhir anda. Apabila sudah terdaftar dan ingin mengecek kembali saldo di bulan bulan berikutnya  cukup mengirim sms dengan mengetik SALDO(Spasi)No peserta  saja.
2. Melalui aplikasi BPJSTK Mobile
   Cara pengecekan saldo melalui cara yang ke 2 ini terbatas, hanya untuk pengguna android dan iPhone karena untuk mengecek saldo melalui aplikasi BPJSTK Mobile peserta harus download terlebih dahulu melalui playstore untuk bisa melakukan registrasi, tetapi masih banyak yang mengalami kendala pengecekan saldo melalui cara yang ke 2 ini. Pendapat saya pribadi lebih mudah melakukan pengecekan dengan cara yang pertama, tetapi pilihanya kembali ke masing-masing.

Selain cara pengecekan saldo, pengurusan pencairan dana Jamsostek/BPJS sekarang sudah semakin mudah, apabila dahulu saat ingin mencairkan dana Jamsostek/ BPJS harus menunggu selama 5 tahun setelah berhenti bekerja dengan persyaratan yang lumayan banyak , kini bisa di urus hanya dalam waktu 1 bulan setelah berhenti bekerja dengan persyaratan yang lebih sederhana. Persyaratan pencairan dana Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan antara lain:
• Kartu BPJS ketenagakerjaan 
• Surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan tempat peserta bekerja
• Foto copy identitas berupa ktp&kk yang masih berlaku

Setelah semua persyaratan lengkap langkah selanjutnya adalah membawa semua dokumen menuju kantor BPJS. Demikian cara pengecekan saldo Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan dan cara serta syarat pencairan dana Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan terbaru 2017. Semoga bermanfaat 
Terima kasih

No comments:

Post a Comment